8 Hal yang Bisa Membuat Kita Bersyukur

Kebahagiaan bukanlah persoalan material, namun tentang perasaan. Kebersyukuran adalah hal sederhana yang bisa dilakukan untuk merasakan kebahagiaan. Selain membawa kebahagiaan, bersyukur dapat membuat kita lebih tangguh menghadapi pahit manisnya peristiwa yang kita alami setiap harinya.

Bersyukur merupakan cara yang ampuh untuk bangkit dari keterpurukan. Rasa syukur dapat membantu mengubah pengalaman buruk dan masalah yang kita alami sebagai sebuah pelajaran berharga. Namun, bagaimana cara kita agar bisa lebih mensyukuri hidup? Simak beberapa cara di bawah ini:

  1. Menerima Setiap Momen yang Terjadi

Terima semua momen yang ada, yang bahagia maupun yang buruk. Momen tersebut akan berharga apabila kita sadar untuk memaknainya kembali. Memaknai momen apapun yang terjadi itu, baik pahit maupun manis akan membuat kita lebih bijaksana dalam mensyukuri hidup. Seperti halnya kopi, manisnya akan terasa setelah kita melewati pahitnya.

  1. Berbagi Cerita dengan Orang Terdekat

Hidup kita dipenuhi dengan cerita, baik itu suka maupun duka. Apapun cerita yang kita punya, membaginya kepda orang terdekat akan memperkaya emosi bahagia kita. Bercerita mengenai duka kita akan menjadikan perasaan kita lebih ringan, karena kita merasa dipahami dan tidak sendirian. Sedangkan bercerita mengenai kebahagiaan akan membuat kebahagiaan kita meningkat berkali-kali lipat, karena kita melihat orang-orang terdekat kita turut berbahagia mendengar kisah kita

  1. Berterimakasih pada Kehidupan (Thankful)

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa berterimakasih pada hidup dapat menambah rasa syukur. Berterimakasih kepada orangtua, keluarga, sahabat atas hal baik yang mereka berikan merupakan salah satu bentuk dari berterimakasih pada kehidupan. Selain itu, berterimakasih pada diri sendiri juga penting untuk memperkuat rasa syukur tersebut. Berterimakasih pada diri sendiri dapat membantu kita menerima diri ini apa adanya.

Secara keseluruhan, perasaan thankful adalah berterimakasih pada kehidupan yang telah diberikan pada kita ini. Walaupun terkadang peristiwa buruk datang tanpa diminta, kita tetap merasa ada ribuan hal baik yang patut disyukuri.

  1. Travelling

Melakukan sebuah perjalanan yang jauh dapat membuka mata hati kita. Travelling dapat mempertemukan kita dengan sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Seperti peristiwa menyedihkan yang dialami orang lain, perbedaan cara hidup orang di daerah lain, atau cara pandang orang yang berbeda agama. Semua hal tersebut bisa membuat kita lebih menyukuri kehidupan dengan lebih baik.

Baca: Travelling dan Pendewasaan Diri di sini

  1. Fokus pada Diri Sendiri

Orang lain juga bisa menjadi sumber referensi kehidupan seseorang. Namun, terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain bisa memunculkan perasaan negatif. Oleh karena itu, sadarlah bahwa diri kita ini juga punya kehidupan. Perbandingan yang sehat adalah membandingkan diri kita yang dulu dengan yang sekarang. Bukan membandingkan diri kita dengan orang lain. Oleh sebab itu, kita bisa meresapi betapa banyak nikmat yang diperoleh atau perubahan pada diri kita saat ini.

Baca: Sayangnya Kita (Bisa) Terperangkap dalam Kehidupan Orang Lain di sini

  1. Volunteering

Melakukan kegiatan kerelawanan dapat membantu kebersyukuran melalui banyak hal. Seperti mempertemukan kita pada teman baru yang dapat memberikan pelajaran baru. Volunteering dapat mengasah kemampuan sosial dan komunikasi kita dengan banyak orang. Terhubung dengan banyak orang seperti ini dapat mencegah stres, cemas dan marah, karena kontak sosial dan membantu sesama akan akan meningkatkan penerimaan diri.

Selain itu, volunteering memberikan kita rasa senang dan kebermaknaan hidup. Volunteering membantu kita menemukan kreativitas dan motivasi baru. Kegiatan ini juga dapat melepas penat rutinitas setiap harinya. Oleh karena itulah, volunteering dapat meningkatkan rasa syukur.

  1. Memberi Hadiah pada Orang Lain

Berbagi kebahagiaan dengan orang lain dapat meningkatkan kebahagiaan kita juga. Dengan melihat orang lain bahagia, kita akan lebih bersyukur pada kehidupan ini. Kebaikan kita itu akan menimbulkan efek yang positif bagi orang lain, sehingga orang lain juga akan memberikan kebaikannya kepada kita.

Baca : Mengapa Manusia Saling Memberi? Di sini

  1. Self-Care

Aktifitas sederhana seperti olahraga, menulis diary, quality time dengan keluarga, dan makan makanan yang menyehatkan ternyata sangat baik bagi kesehatan mental kita. Aktivitas sederhana seperti itu dapat disebut sebagai self-care, yaitu cara kita mensyukuri hidup dengan merawat dan memanjakan diri kita. Dengan memberi waktu untuk diri sendiri, tentunya kita pun akan memiliki jeda untuk menikmati setiap jengkal momen yang kita lalui di hidup ini. Pada akhirnya, kita pun akan semkain mensyukuri hidup kita.

Baca : 14 Metode Self Care untuk Kesehatan Fisik dan Mental di sini

Bersyukur bukan sesuatu yang instan dan terbentuk begitu saja. Bersyukur perlu dilatih setiap hari dan dipupuk terus-menerus. Cara untuk bersyukur itu tidak hanya ketika kita kehilangan sesuatu atau mendapatkan sesuatu saja. Namun, dengan berdamai pada keadaan diri kita sekarang saja itu sudah cukup disebut dengan bersyukur.

 

Let others know the importance of mental health !
Total
38
Shares